Belajar Sendiri Visual C++ – Proyek Pertama

Halo para pembaca, langsung saja ya…
Bagi yang berminat untuk mulai belajar Visual C++ berikut akan saya tulis langkah-langkah mudah – semoga tidak sulit :) – untuk memulainya. Bagi yang belum mengenal apa itu C, atau C++ bisa coba terus ikuti. Saya juga akan menulis dasar-dasar C dan C++ untuk mendukung tulisan ini.
Langkah 1: Install MS Visual C++ (Wajib!)
Langkah 2: Jalankan Visual C++. Anda akan mendapatkan “Tip of the day”, silakan baca dan simak, mungkin suatu saat akan berguna. Untuk melanjutkan klik “Close” pada Tip of the day. “Opening Screen” dari MS VC++ ini terdiri dari beberapa bagian: Menu, Toolbar, Workspace pane, Output pane, dan Editor area. Apa gunanya? Mari kita ikuti terus langkah-langkah berikutnya.
Langkah 3: Membuat aplikasi pertama. Ya! Sudah tidak sabar? Klik File – New… – Pilih tab Projects – Klik MFC AppWizard (exe). MS VC++ menyediakan beberapa wizard untuk mempermudah membuat aplikasi. Ok, sekarang kita lanjut dengan mengisi Project name dengan “Hello” (atau sesuka anda). Isi Location dengan folder yang anda inginkan. Klik OK.
MFC AppWizard – Step 1
Ada 3 pilihan jenis aplikasi: Single document (seperti notepad), Multiple document (seperti MS Word), atau Dialog based (seperti.. kita akan buat yang ini!). Pilih Dialog based. Klik Next.
MFC AppWizard – Step 2 of 4
Ada pilihan seperti apa tampilan dan fitur yang diinginkan. Biarkan default-nya, atau kalau mau coba-coba silakan klik sana-sini dan lihat efeknya di preview. Di kolom “Please enter a title for your dialog:” boleh disi selain yang ada. Tulisan ini nanti akan menjad judul Dialog Box yang kita buat. Klik Next.
MFC AppWizard – Step 3 of 4
Pada bagian ini pilih sesuai keinginan atau biarkan default. Untuk diperhatikan: Generate Source File Comments: Pilih “Yes, please” untuk memudahkan posisi memulai pengetikan source code. Dan yang penting, pilihan favorit penulis adalah “As a statically linked library” pada “How would you like to use MFC library?” Kenapa? Karena dengan pilihan ini, tidak ada file “.dll” tambahan bila kita ingin meng-copy aplikasi kita ke komputer lain. Semuanya sudah termasuk. Bagaimana dengan ukuran file aplikasinya, apakah lebih besar? Ya tentu! Tapi apakah ukuran file sebesar 150kB mengganggu anda? Ok, berikutnya klik Next.
MFC AppWizard – Step 4 of 4
Di sini kita melihat secara sepintas ada dua class. Apa itu class? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini, nanti saya jelaskan. Class yang akan dibuat adalah: CHelloApp dan CHelloDlg. Apa bedanya? Secara urutan, aplikasi (bungkus) utama adalah CHelloApp, dan class ini yang akan memanggil class CHelloDlg. Klik Finsih (Akhirnya…).
New Project Information berisi ringkasan apa yang kita buat dan apa yang akan dibuat. Lansung klik OK.
Tidak sabar untuk meng-compile dan menjalankan aplikasi? Cari tanda seru warna merah! Klik dan tunggu. Selamat! Anda baru saja membuat aplikasi Windows menggunakan Visual C++!

Tidak ada komentar: